Senin, 01 Februari 2016

Silabus DDP

SILABUS MATA KULIAH

A.  INFORMASI UMUM

1. Nama Mata Kuliah                : Dasar-dasar Penelitian
2. Kode Mata Kuliah                 : IND774
3. Bobot SKS                              : 3 SKS
4. Penanggung Jawab MK      : Dr. Abdurahman, M.Pd.
5. Dosen Pengampu                 : Dr. Abdurahman, M.Pd.
6. Prasyarat                                 : IND021

B. DESKRIPSI MATA KULIAH
Perkuliahan ini membelajarkan mahasiswa tentang teori, prinsip, dan prosedur penelitian, serta mampu menulis proposal penelitian; menanamkan sikap positif terhadap penelitian, serta  melatih mahasiswa agar terampil meneliti dan mempresentasikan hasil penelitian sebagai persiapan menulis skripsi. Materi perkuliahan meliputi konsep penilitian, jenis penilitian, kajian teori, populasi dan sample, teknik pengumpulan data, analisis data, dan teknik penyusunan laporan penelitian.

C. TUJUAN
Setelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan dapat:
1. memahami teori, prinsip, jenis, dan prosedur penelitian,
2. memiliki sikap positif terhadap penelitian,
3. memiliki keterampilan mengimplementasikan teori-teori penelitian dalam bentuk
    menulis review dan proposal penelitian.

D. BENTUK PERKULIAHAN
             Untuk mencapai tujuan pembelajaran pada pertemuan pertama dan kedua, perkuliahan dilaksanakan dengan teknik ceramah, tanya jawab, inkuiri, pemecahan masalah, diskusi.  dan penugasan. Untuk tujuan ketiga dan selanjutnya selain dengan teknik yang sudah disebutkan perkuliahan juga dilaksanakan dengan teknik presentasi hasil penugasan atau praktikum. Pada pertemuan pertama, dosen menyampaikan kontrak perkuliahan, menjelaskan pokok-pokok materi dan menjelaskan tugas untuk perkuliahan. Tugas dapat berupa penguasaan teori, studi kasus (telaah dokumen atau tugas lapangan) atau review  buku/penelitian.

E. EVALUASI
1. Kehadiran dan Partisipasi   : 15%
2. Tugas-tugas                            : 40%
3. Ujian tengah semester         : 20%
4. Ujian akhir semester             : 25%

F. REFERENSI
Arikunto, Suharsimi. 1989. Manajemen Penelitian. Jakarta: P2LPTK Depdikbud.
Atmazaki. 2006. Kiat-kiat Mengarang dan Menyunting. Padang: Citra Budaya.
Hariwijaya. 2006. Pedoman Teknis Penulisan Karya Ilmiah. Yogyakarta: Citra Pustaka.
Abidin, Y. 2011. Penelitian Pendidikan dalam Gamitan Pendidikan Dasar dan PAUD. Bandung: HZAA Press.
Alwasilah, A. C. 2008. Pokoknya Kualitatif. Jakarta: Pustaka Jaya.
Anggoro, Toha. 2008. Materi Pokok Metode Penelitian. Jakarta: Universitas Terbuka.
Ary, Jacobs, dan Razavieh.2000. Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. (Alih Bahasa :Arief Furchan). Surabaya : Usaha Nasional.
Berg, B.L. 2007. Qualitative Research Methods for the Social Sciences. Boston: Pearson.
Borg Walter, R & Gall Joyce, P. (2003). Educational Research An Introduction.Sevent Edition. USA: Library of Congress Cataloging- In- Publication Data.
Brannen. 1997. Mixing Methods Qualitative and Quantitative Research diterjemahkan oleh Kurde. Yogyakarta: PustakaPelajar.
Cresswell, J.W. 2008. Educational Research: Planning, Conductiong, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. New York: Pearson Merril Prentice Hall.
Cresswell, J.W. 2010. Research Design : Qualitative & Quantitative Approaches. London : SAGE Publicational
Danim, S. 2002. Menjadi Peneliti Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia.
Denzin, N.K. and  Lincoln, Y.S. 2009. Handbook of  Qualitative Research Terjemahan oleh Dariyatno dkk.  Yogyakarta : PustakaPelajar.
Emzir. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan, Kuantitatif dan Kualitatif. Raja Grafindo Persada:Jakarta.
Emzir. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo.
Fraenkel, Jack R. dan Norman E. Wallen. 2009. How to Design and Evaluate Research. Sevent Edition Singapore: mcGraw-Hill Inc.
Hopkins, D. (2008). A Teacher’s guide to Classroom Reseach. Buckingham : Open University Press.
Kountur, Rony. 2007. Metode Penelitian. Jakarta: PPM.
McMillan. 2008. Educational Research: Fundamental for the Consumer. New York: Pearson Merril Prentice Hall.
Muhadjir, Noeng. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Penerbit Rake Sarasin.
Mulyana, Deddy. 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya.
Moleong. Lexy J. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif.  Bandung: Rosdakarya
Satori dan Komariah. 2009. Metodologi Penelitian Kualitiatif. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan: Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D . Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. 2009. Memahami PenelitianKualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sukardi, 2003.Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara
Sukmadinata, N.S.. 2006. Metode Penelitian Pendidikan .Bandung:Remaja Rosdakarya.
Syamsuddin, AR dan Vismaia S. Damaianti.  2006.  Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: Rosdakarya.

Catatan
Seluruh referensi yang digunakan di dalam perkuliahan Dasar-dasar Komposisi dan referensi tentang metodologi penelitian digunakan sebagai penunjang perkuliahan penelitian.

G. GBPP
Minggu
Pokok Bahasan
Keterangan
I
Pengantar (kontrak) perkuliahan
Konsep dasar penelitian

II
Pendekatan penelitian kuantitatif dan kualitatif.
Spektrum   Penelitian Pendidikan


III
Desain penelitian kuantitatif dan kualitatif
Jenis penelitian

IV
Latar belakang dan identifikasi masalah penelitian
Perumusan masalah/fokus penelitian
Perumusan tujuan dan manfaat  penelitian
.

V
Kajian variabel penelitian


V-
Kajian teori dalam rangka perumusan teori dasar penelitian


VII
Kajian empirik hasil penelitian relevan.
Perumusan kerangka pikir dan perumusan hipotesis.


VIII
Ujian Tengah Semester (UTS)


IX
Subjek penelitian : populasi dan sampel


X
Jenis metode dan prosedur  pengumpulan data


XI
Prosedur penyusunan instrumen penelitian


XII
Teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif


XIII
Penafsiran hasil penelitian (pembahasan/diskusi)


XIV
Penyusunan proposal penelitian


XV
Membuat proposal dan latihan melakukan penelitian artifisial


XVI
Presentasi Proposal


XVII
Ujian Akhir Semester (UAS)
Lisan dan tulisan


H. TUGAS
No.
Waktu
Penugasan
Bentuk Tugas
Waktu
Penyerahan
1.
Minggu II-XV
Menulis laporan bacaan tentang topik yang dibahas  
Per Minggu
2.
Minggu I
Menulis laporan bacaan tentang buku sumber.
Minggu VIII
3.
Minggu IV
Menulis laporan review penelitian (skripsi)
Minggu X
4.
Minggu VIII
Menulis Intrumen Penelitian
Minggu XII
5.
Minggu II
Menulis Proposal
Mingg XIV


I. ATURAN (TATA TERTIB PERKULIAHAN)
Perkuliahan ini dilaksanakan berdasarkan aturan berikut ini.
1.     Mahasiswa harus menghadiri perkuliahan minimal 90% (14 kali pertemuan) dari 16 kali pertemuan tatap muka yang dilaksanakan. Bagi yang tidak mencapai 80%, tidak diizinkan untuk mengikuti ujian akhir semester.
2.     Mahasiswa harus hadir sebelum dosen masuk kelas, Bagi yang terlambat setelah 15 menit tatap muka, mahasiswa terhitung absen, kecuali ada alasan yang meyakinkan.
3.     Mahasiswa harus mengumpulkan tugas sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan. Bagi yang tidak, nilai tugasnya dikurangi.
4.     Mahasiswa harus berpakaian rapi dan sopan (tidak ketat, tidak mini) serta berperilaku santun.
5.     Mahasiswa dilarang menggunakan/mengaktifkan  nada HP selama kuliah.
6.     Dilarang menjiplak karya orang lain.
7.     Bonus nilai diberikan kepada mahasiswa yang tulisannya dipublikasikan di media masa.
8.     Mahasiswa yang tidak mengikuti aturan-aturan di atas, dinyatakan gagal dalam perkuliahan ini.


Tidak ada komentar: