SILABUS MATA KULIAH
A. INFORMASI
UMUM
1. Nama Mata Kuliah : Dasar-dasar Penelitian
2. Kode Mata Kuliah : IND774
3. Bobot SKS : 3 SKS
4. Penanggung Jawab MK : Dr. Abdurahman, M.Pd.
5. Dosen Pengampu : Dr. Abdurahman, M.Pd.
6. Prasyarat : IND021
B.
DESKRIPSI MATA KULIAH
Perkuliahan
ini membelajarkan mahasiswa tentang teori, prinsip, dan prosedur penelitian, serta
mampu menulis proposal penelitian; menanamkan sikap positif terhadap penelitian,
serta melatih mahasiswa agar terampil meneliti
dan mempresentasikan hasil penelitian sebagai persiapan menulis skripsi. Materi perkuliahan meliputi konsep penilitian,
jenis penilitian, kajian teori, populasi dan sample, teknik pengumpulan data,
analisis data, dan teknik penyusunan laporan penelitian.
C. TUJUAN
Setelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan dapat:
1. memahami teori,
prinsip, jenis, dan prosedur penelitian,
2. memiliki sikap
positif terhadap penelitian,
3. memiliki
keterampilan mengimplementasikan teori-teori penelitian dalam bentuk
menulis review dan proposal penelitian.
D. BENTUK
PERKULIAHAN
Untuk
mencapai tujuan pembelajaran pada pertemuan pertama dan kedua, perkuliahan dilaksanakan dengan teknik
ceramah, tanya jawab, inkuiri, pemecahan masalah, diskusi. dan penugasan. Untuk tujuan ketiga dan selanjutnya selain
dengan teknik yang sudah disebutkan perkuliahan juga dilaksanakan dengan teknik presentasi hasil penugasan atau praktikum. Pada pertemuan pertama, dosen
menyampaikan kontrak perkuliahan, menjelaskan pokok-pokok materi dan menjelaskan tugas untuk perkuliahan. Tugas dapat berupa penguasaan
teori, studi kasus (telaah dokumen atau tugas lapangan) atau review buku/penelitian.
E. EVALUASI
1. Kehadiran dan
Partisipasi : 15%
2. Tugas-tugas : 40%
3. Ujian tengah
semester : 20%
4. Ujian akhir
semester : 25%
F. REFERENSI
Arikunto,
Suharsimi. 1989. Manajemen Penelitian. Jakarta:
P2LPTK Depdikbud.
Atmazaki.
2006. Kiat-kiat Mengarang dan Menyunting.
Padang: Citra Budaya.
Hariwijaya.
2006. Pedoman Teknis Penulisan Karya
Ilmiah. Yogyakarta: Citra Pustaka.
Abidin, Y. 2011. Penelitian Pendidikan dalam Gamitan
Pendidikan Dasar dan PAUD. Bandung: HZAA Press.
Alwasilah,
A. C. 2008. Pokoknya Kualitatif.
Jakarta: Pustaka Jaya.
Anggoro,
Toha. 2008. Materi Pokok Metode
Penelitian. Jakarta: Universitas Terbuka.
Ary,
Jacobs, dan Razavieh.2000. Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. (Alih Bahasa :Arief Furchan). Surabaya : Usaha Nasional.
Berg,
B.L. 2007. Qualitative Research Methods
for the Social Sciences. Boston: Pearson.
Borg Walter, R & Gall Joyce, P. (2003). Educational Research An Introduction.Sevent Edition. USA: Library of Congress Cataloging- In- Publication Data.
Brannen. 1997. Mixing
Methods Qualitative and Quantitative Research diterjemahkan oleh Kurde.
Yogyakarta: PustakaPelajar.
Cresswell, J.W. 2008. Educational Research: Planning, Conductiong,
and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. New York: Pearson
Merril Prentice Hall.
Cresswell,
J.W. 2010. Research
Design : Qualitative & Quantitative Approaches. London : SAGE
Publicational
Danim, S. 2002. Menjadi
Peneliti Kualitatif. Bandung:
Pustaka Setia.
Denzin, N.K. and Lincoln, Y.S. 2009. Handbook of Qualitative Research
Terjemahan oleh Dariyatno dkk.
Yogyakarta : PustakaPelajar.
Emzir. 2009. Metodologi Penelitian
Pendidikan, Kuantitatif dan Kualitatif. Raja Grafindo Persada:Jakarta.
Emzir.
2012. Metodologi Penelitian Pendidikan.
Jakarta: PT Raja Grafindo.
Fraenkel,
Jack R. dan Norman E. Wallen. 2009. How
to Design and Evaluate Research. Sevent Edition Singapore: mcGraw-Hill Inc.
Hopkins, D. (2008). A
Teacher’s guide to Classroom Reseach. Buckingham : Open University Press.
Kountur,
Rony. 2007. Metode Penelitian.
Jakarta: PPM.
McMillan.
2008. Educational Research: Fundamental
for the Consumer. New York: Pearson Merril Prentice Hall.
Muhadjir,
Noeng. 2000. Metodologi Penelitian
Kualitatif. Yogyakarta: Penerbit Rake Sarasin.
Mulyana,
Deddy. 2001. Metodologi Penelitian
Kualitatif. Bandung: Rosdakarya.
Moleong.
Lexy J. 2002. Metodologi Penelitian
Kualitatif. Bandung: Rosdakarya
Satori
dan Komariah. 2009. Metodologi Penelitian
Kualitiatif. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan: Kuantitatif,
Kualitatif, dan R & D . Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. 2009. Memahami PenelitianKualitatif. Bandung:
Alfabeta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:
Alfabeta.
Sukardi, 2003.Metodologi
Penelitian Pendidikan. Jakarta :
Bumi Aksara
Sukmadinata,
N.S.. 2006. Metode Penelitian Pendidikan
.Bandung:Remaja Rosdakarya.
Syamsuddin,
AR dan Vismaia S. Damaianti. 2006. Metode
Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: Rosdakarya.
Catatan
Seluruh
referensi yang digunakan di dalam perkuliahan Dasar-dasar Komposisi dan
referensi tentang metodologi penelitian digunakan sebagai penunjang perkuliahan
penelitian.
G. GBPP
Minggu
|
Pokok Bahasan
|
Keterangan
|
I
|
Pengantar
(kontrak) perkuliahan
Konsep dasar penelitian
|
|
II
|
Pendekatan penelitian
kuantitatif dan kualitatif.
Spektrum Penelitian Pendidikan
|
|
III
|
Desain penelitian
kuantitatif dan kualitatif
Jenis penelitian
|
|
IV
|
Latar belakang
dan identifikasi masalah penelitian
Perumusan
masalah/fokus penelitian
Perumusan
tujuan dan manfaat penelitian
.
|
|
V
|
Kajian variabel
penelitian
|
|
V-
|
Kajian teori dalam
rangka perumusan teori dasar penelitian
|
|
VII
|
Kajian empirik
hasil penelitian relevan.
Perumusan
kerangka pikir dan perumusan hipotesis.
|
|
VIII
|
Ujian Tengah Semester
(UTS)
|
|
IX
|
Subjek penelitian
: populasi dan sampel
|
|
X
|
Jenis metode dan prosedur pengumpulan data
|
|
XI
|
Prosedur penyusunan instrumen penelitian
|
|
XII
|
Teknik analisis
data kuantitatif dan kualitatif
|
|
XIII
|
Penafsiran hasil penelitian
(pembahasan/diskusi)
|
|
XIV
|
Penyusunan proposal penelitian
|
|
XV
|
Membuat proposal dan latihan
melakukan penelitian artifisial
|
|
XVI
|
Presentasi
Proposal
|
|
XVII
|
Ujian Akhir
Semester (UAS)
|
Lisan dan
tulisan
|
H. TUGAS
No.
|
Waktu
Penugasan
|
Bentuk Tugas
|
Waktu
Penyerahan
|
1.
|
Minggu II-XV
|
Menulis laporan
bacaan tentang topik yang dibahas
|
Per Minggu
|
2.
|
Minggu I
|
Menulis laporan
bacaan tentang buku sumber.
|
Minggu VIII
|
3.
|
Minggu IV
|
Menulis laporan review
penelitian (skripsi)
|
Minggu X
|
4.
|
Minggu VIII
|
Menulis Intrumen
Penelitian
|
Minggu XII
|
5.
|
Minggu II
|
Menulis Proposal
|
Mingg XIV
|
I. ATURAN
(TATA TERTIB PERKULIAHAN)
Perkuliahan ini
dilaksanakan berdasarkan aturan berikut ini.
1. Mahasiswa harus menghadiri perkuliahan minimal 90% (14 kali pertemuan) dari 16 kali pertemuan tatap muka yang dilaksanakan. Bagi
yang tidak mencapai 80%, tidak diizinkan untuk mengikuti ujian akhir semester.
2. Mahasiswa harus hadir sebelum dosen masuk kelas, Bagi
yang terlambat setelah 15 menit tatap muka, mahasiswa terhitung absen, kecuali ada alasan yang meyakinkan.
3. Mahasiswa harus mengumpulkan tugas sesuai dengan jadwal
yang sudah ditentukan. Bagi yang tidak, nilai tugasnya dikurangi.
4. Mahasiswa harus berpakaian rapi
dan sopan
(tidak ketat, tidak mini) serta berperilaku santun.
5. Mahasiswa dilarang menggunakan/mengaktifkan nada HP selama kuliah.
6. Dilarang menjiplak karya orang lain.
7. Bonus nilai diberikan kepada mahasiswa yang tulisannya
dipublikasikan di media masa.
8. Mahasiswa yang tidak mengikuti aturan-aturan di atas,
dinyatakan gagal dalam perkuliahan ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar