Rabu, 30 Agustus 2017
DOA-DOA MUSTAJAB: Penghulu Istighfar
DOA-DOA MUSTAJAB: Penghulu Istighfar: Istighfar yang paling afdhol adalah bacaan istighfar yang diriwayatkan oleh Al-Bukhari di dalam kitab shahihnya dari Syaddad bin Aus ...
Selasa, 29 Agustus 2017
Folklor
A.
INFORMASI UMUM
1. Nama Mata Kuliah : Folklor
2. Kode Mata Kuliah : IND1.62.1004
3. Bobot SKS :
2 SKS
4. Penganggung Jawab MK : Dr. Abdurahman, M.Pd.
B.
DISKRIPSI MATA KULIAH
Perkuliahan
ini diisi dengan pembahasan tentang folklor dan sastra
nusantara.. Mata
kuliah ini merupakan mata kuliah keahlian bidang studi. Selesai mengikuti
perkuliahan ini mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan, keterampilan, dan
sikap yang positif terhadap folklor sebagai bagian dari kebudayaan dan permasalahannya.
Dalam perkuliahan ini dibahas pengertian dan hakekat folklor, sejarah dan
perkembangan folklor, penelitian folklor dan kegunaannya, ciri-ciri dan sifat
folklor, jenis-jenis folklor/tradisi lisan, setengah lisan dan non lisan, wujud
folklor dalam kebudayaan manusia, peran dan fungsi folklor dalam pembangunan
manusia seutuhnya dan metodologi penelitian folklor.
C.
TUJUAN UMUM
Setelah perkuliahan ini, mahasiswa bisa kompoten dalam ilmu folklor Indonesia secara
kognitif, afektif dan psikomotorik. Mahasiswa dapat:
1. menjelaskan hakekat folklor dan sastra
nusantara.
2. menjelaskan sejarah perkembangan folklor sastra
nusantara.
3. membedakan berbagai bentuk folklor; lisan,
setengan lisan, dan bukan lisan.
4. menggunakan
teknik yang tepat untuk mengumpulkan folklor yang tersebar di tengah
masyarakat.
5.
Mampu mengapresiasi dan menganalisis folklor.
D.
BENTUK PERKULIAHAN
Perkuliahan dilakukan dengan presentasi,
diskusi dan penugasan. Pada pertemuan pertama, dosen menyampaikan tata tertib
perkuliahan dan menugasi siswa untuk meringkas referensi utama dan referensi
penunjang. Dosen mempresentasikan konsep-konsep
pokok materi perkuliahan pada awal perkuliahan. Setelah mahasiswa memahami
konsep-konsep pokok materi perkuliahan mahasiswa memperdalam pemahamannya
tentang materi perkuliahan dengan mempresentasikan materi tersebut sesuai
dengan silabus. Setelah mahasiswa memahami materi perkuliahan, mahasiswa akan melalukan penelitian lapangan yaitu
mengumpulkan folklor khususnya folklor lisan dengan menggunakan teknik dan
metode yang tepat, dan kemudian menjadikan hasil penelitian tersebut dalam
bentuk buku kumpulan folklor.
E. EVALUASI
1. Kehadiran dan partisipasi :
20%
2. Tugas-tugas :
30%
3. Ujian Tengah semester :
25%
4. Ujian Akhir Semester :
25%
F. SUMBER/REFERENSI
Danandjaya, James. 1991. Folklore Indonesia, Ilmu Gosip, Dongeng, dan
lain-lain. Jakarta: Grafiti Press.
Danandjaja, James 2003. Folklor
Amerika: Cermin Multikultural yang Manunggal
Djamaris, Edwar. 1990. Menggali Khazanah Sastra Melayu Klasik.
Jakarta: Balai Pustaka.
Hutomo, Suripan Sadi. 1991. Mutiara yang Terlupakan. Surabaya:Hiski.
Jock Fang, Liaw. 1982. Sejarah Kesusasteraan Melayu Klasik I dan II.
Singapura: Pustaka Nasional.
Parkimin, Amron dan Noor
Bari. 1973. Pengantar Sastra Indonesia,
Kesusasteraan Indonesia Klasik.
Sudikan, Setya Yuwana. 2001. Metode Penelitian Sastra Lisan. Surabaya: Citra Wacana.
Sukatman. 2009. Butir-Butir
Tradisi Lisan Indonesia: Pengantar Teori dan Pembelajarannya. Yogyakarta:
Laksbang Pressindo.
Suwardi Endraswara. 2009. Metodologi Penelitian Folklor; (Konsep, Teori dan
Aplikasi).Jogjakarta: Media Pressindo
Teeuw, A. 1989. Sastra dan
Ilmu Sastra: Pengantar Teori Sastra. Jakarta: Pustaka Jaya.
G. GBPP
MINGGU KE
|
POKOK BAHASAN
|
REFERENSI
|
I
|
Pengantar
dan kontrak perkuliahan, mata kuliah folklor, tujuan perkulihan, dan capaian
pembelajaran
|
Buku
Panduan UNP Padang
|
II
|
Hakekat Folklor/ Sastra Nusantara
Jenis-Jenis Folklor: lisan, setengah lisan, dan bukan lisan.
|
Danandjaya Bab I
Djamaris Bab I
|
III
|
Sejarah Folklor/ sastra Nusantara dan sejarah penelitian folklor
di Indonesia
|
Danandjaya 91:5, 9-20,
Djamaris 90:15-19.
|
IV
|
Sajak dan puisi rakyat: mantra, pantun, dan syair.
|
Danandjaya 91:21-42,
Djamaris, 90: 31
|
V
|
Prosa rakyat: legenda, mite dan dongeng
|
Danandjaya, 91:46-49
|
VI
|
Nyanyian rakyat, kepercayaan rakyat dan permainan rakyat, bahasa
rakyat
|
Danandjaya, 91:50-83
|
VII
|
Sastra rakyat daerah (Minangkabau)
|
.
|
VIII
|
Ujian Tengah Semester
|
Perkuliahan I-VII
|
IX
|
Teknik Pengumpulan Foklor, cara pembuatan instrumen dan cara
pengarsipan folklor..
|
Danandjaya, 91:141-181
|
X
|
Presentasi laporan pengumpulan folklor di lapangan
|
Danandjaya , 91
|
XI
|
Pengarsipan folklor hasil penelitian lapangan
|
Tugas mahasiswa
|
XII
|
Hakikat sastra Nusantara dan penggolongannya: cerita binatang dan cerita
pelipur lara
|
Djamaris, 90:11-15
Parkamin ,73:15-24
|
XIII
|
Sastra Keagamaan dan Sastra Sejarah, kisah Nabi
|
Liaw, 82: Bab 7 dan Bab 8
|
XIV
|
Pengaruh epos Ramayana
dan Mahabrata terhadap Folklore
Indonesia
|
Liaw, 82: 17-72,
|
XV
|
Cerita Panji dan dan Hikayat Zaman Peralihan
|
Liaw Bab 3
dan Bab 4
|
XVI
|
Ujian Akhir Semester
|
Semua Bahan Kuliah
|
H. TUGAS-TUGAS
No
|
Materi Tugas
|
Diberikan pada Masiswa
|
Diserahkan dan didiskusikan
|
1
|
Tugas individu berbentuk resume materi
|
Minggu I
|
Minggu II, III, IV,V,VII, XIII, XIV, XV, dan XIV.
|
2
|
Tugas Kelompok :
Mengumpulkan dan mengarsipkan folklor
|
Minggu I
|
|
a. Mengumpulkan
folklore di lapangan
|
Minggu I
|
Minggu X
|
|
b.Mempresentasikan
hasil pegumpulan Folklor
|
Minggu I
|
Minggu XI
|
|
c. Mengarsipkan folklor
yang sudah dikumpulkan
|
Minggu I
|
Minggu XII
|
|
|
d. Membukukan folklor
yang sudah diarsipkan
|
Minggu I
|
1
minggu sebelum ujian akhir semester
|
Langganan:
Postingan (Atom)